Popularitas tren belanja online yang terus meningkat mendorong para pelaku UMKM

“Adapun untuk kereta api yang sifatnya PSO atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah,” tambahnya.
Joni menjelaskan pihaknya sudah memberikan alternatif dengan menjual tiket ke berbagai tujuan dalam berbagai kelas dan subkelas. Menurutnya, hal itu agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai kebutuhan.
Joni menuturkan KAI juga sering memberikan keringanan bagi pelanggan dengan memberikan promo atau diskon tiket.
“KAI juga menyediakan tarif khusus di mana pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah khusus untuk rute dan KA-KA tertentu. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan,” tutur Joni.
5 Tips Sukses Kembangkan Bisnis Online untuk UMKM
Popularitas tren belanja online yang terus meningkat mendorong para pelaku UMKM untuk ‘go digital’. Langkah tersebut salah satunya dilakukan dengan menggunakan media sosial untuk promosi, menjual produk dan jasa melalui platform e-commerce atau website personal, hingga menggunakan aplikasi guna memudahkan operasional usaha sehari-hari.
Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM, kini ada 17 juta pelaku UMKM yang sudah bertransformasi digital. Angka ini diprediksi akan terus meningkat, mengingat ada lebih dari 60 juta UMKM yang terdaftar di Indonesia.
Karena itulah, untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di  https://dokteranak.org/ depan mata, pelaku UMKM perlu menyiapkan diri dan mengatur strategi agar bisnisnya bisa terus tumbuh jadi lebih besar di era digital. Misalnya, dengan menerapkan 5 hal di bawah ini. Apa saja?
1. Tentukan Target yang Jelas
Tidak semua konsumen bisa menjadi target pemasaran yang tepat. Anda mungkin ingin menjangkau pelanggan di rentang usia yang seluas-luasnya, namun hal ini hanya akan menyebabkan pemasaran tidak tepat sasaran.
Karena itulah, tentukan target konsumen yang jelas, sehingga kita bisa membuat promosi yang sesuai dengan karakter calon pelanggan tersebut. Misalnya,Anda yang memiliki usaha food and beverage ingin mempromosikan kue kekinian. Sesuai produknya, promo tersebut akan lebih pas jika ditujukan kepada konsumen remaja hingga dewasa, sehingga tidak cocok menargetkan pelanggan lanjut usia.
Agar tak repot dan bingung mengelola masalah ini, Anda dapat mengandalkan IDE (Indosat Digital Ecosystem) dari Indosat Business. Lewat platform ini, Anda bakal dibantu mencari tahu kebiasaan konsumen dan memahami tren bisnis terkini melalui fitur IDE Advisory dan IDE Academy.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Terms of Service